Jumat, 25 Agustus 2017

Pembuatan RAB menggunakan Microsoft Excel

Disini kita membahas tentang pembuatan RAB, mengapa hal ini sangat penting?

RAB atau yang dikenal dengan Rancangan Anggaran Biaya yaitu perhitungan banyaknya biaya yang akan dibutuhkan nanti, meliputi upah kerja, bahan atau peralatan yang diperlukan dalam sebuah perkerjaan proyek. Contohnya untuk membuat konstruksi, membangun rumah, gedung, dan lain-lain

Jadi, kalau di detail lagi menjadi seperti ini kira-kira, RAB dibutuhkan untuk:
1. Untuk mengetahui jumlah total pengeluaran biaya, lebih tepatnya menguraikan biaya item yang diperlukan pada masing-masing kegiatan. Ingat yah, secara mendetail

2. Bisa sebagai dasar acuan dalam menetapkan bahan dan material yang dibutuhkan dalam kegiatan

3. Bisa digunakan sebagai dasar penunjukan bagian kerja yang diperlukan bagi seorang kontraktor kerja, seperti pelimpahan kerja pada bagian lain yang dianggap penting

4. Disini kita juga bisa mengestimasi berapa biaya peralatan yang dibutuhkan

dll.. cari aja yah, di gugel banyak hehe..

atas dasar itulah maka selain mengetahui pentingnya menyusun RAB maka kita juga dapat menyusunnya dalam bentuk yang matematis, bisa berupa tabel dan grafik pada lembar pengolah angka.

ok, berikut adalah materi selanjutnya, jangan lupa dishare jika postingan ini bermanfaat.. ^^,


Leave a Reply

 
 

About Me

Foto Saya
Just An ordinary people